Kamis, 07 Maret 2013




KUNJUNGAN KE DESA SIKIB HARGOTIRTO

Mengamati tanaman herbal
Tanggal  24 Januari lalu rombongan PIK.R KKPL berkunjung ke desa SIKIB di daerah Hargotirto, Kokap, Kulon Progo. Di sana kami diajak melihat taman herbal yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Beberapa tanaman yang ditanam di sana, sudah ada beberapa yang kami kenal, bahkan kami tanam di kebun rumah kami masing-masing, namun ada pula tanaman yang amat terasing bagi kami. Contohnya saja Padmanaba, Keji Beling, Kapulaga, Mondokaki, dan masih banyak lagi. Dari tanaman-tanaman tadi kami juga diperkenalkan khasiat-khasiat yang terkandung didalam tanaman tersebut lewat plakat-plakat yang dipasang di dekatnya.
Menyiapkan bahan2
Setelah selesai melihat-lihat taman herbal kami diajak membuat teh dan balsem oleh ibu-ibu PKK Desa Hargotirto. Bahan yang digunakan untuk membuat teh dan balsem tersebut ternyata bisa menggunakan tanaman-tanaman yang di ambil dari taman herbal tadi. Untuk teh sendiri kami mengambil tanaman Gondoroso dan kemuning. Sedangkan, balsemnya dari minyak Gandapura dan minyak atsiri yang dicampur dengan bahan beberapa kimia lainnya.
Saat hari semakin siang dan teh dan balsem sudah jadi, kami makan siang dan melihat-lihat rumah pintar. Setelah semua dirasa cukup, kami pun berfoto-foto sebentar dan beranjak pulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar